10 Dampak Positif dan Negatif Internet Bagi Pelajar

10 Dampak Positif dan Negatif Internet Bagi Pelajar – Tidak perlu diragukan lagi bahwa dengan perkembangan teknologi dan informasi, internet memegang peranan yang cukup penting untuk kehidupan manusia. Terlebih lagi bagi para pelajar yang masih bersekolah demi tuntunan kurikulum dan pendidikan yang terus berkembang. Berbagai informasi memang sangat mudah diperoleh melalui internet, baik dari segi bisnis, pendidikan, kebudayaan, sosial, bahkan politik. Meskipun begitu, ibarat sebuah benda, maka internet dapat dianalogikan sebagai sebuah pisau, yaitu dapat memberikan manfaat untuk pengguna internet yang menggunakan internet sesuai kapasitas dan fungsi, tetapi dapat pula menyebabkan kerugian untuk pengguna yang menggunakan internet untuk fungsi yang tidak semestinya.
Oleh karena dianggap sebagai sebuah pisau, maka paling tidak terdapat 10 dampak positif dan negatif internet bagi pelajar yang memanfaatkan internet secara rutin. Meskipun pemerintah telah memaksimalkan pengamanan dalam berinternet, salah satunya dengan cara memblokir berbagai situs yang negatif, sepertinya hal tersebut masih belum optimal. Beberapa dampak negatif dari penggunaan internet oleh pelajar yaitu:

  • Prestasi Sekolah Menurun
Sejujurnya, distraksi yang disebabkan oleh internet sangat berbahaya karena menyebabkan para pelajar menjadi lengah dan mengganggu proses belajar-mengajar. Terlebih lagi ketika pelajar menggunakan internet untuk bermain video game, membuka sosial media, bahkan membuka situs yang dilarang.
  • Mengganggu Kesehatan Mata
Saat terlalu asyik di depan komputer, sebagian besar pelajar akan lupa waktu sehingga mengakibatkan mata mereka terpapar sinar komputer dalam waktu yang cukup lama. Proses ini lama-kelamaan akan menyebabkan gangguan pada kesehatan mata.
  • Cyber Bullying
Kebebasan untuk mengakses internet dan lainnya menyebabkan seseorang sangat mudah mengekspos kehidupan pribadinya, baik melalui foto, status, atau lainnya. Hal tersebut dapat menimbulkan cyber bullying yang dapat dilakukan oleh pengguna internet, baik secara sengaja maupun tidak.

Meskipun begitu, internet tetap memberikan dampak yang positif untuk pelajar, dengan garis bawah: digunakan secara bijak. Berdasarkan 10 dampak positif dan negatif internet bagi pelajardampak positif dari penggunaan internet adalah, sebagai berikut:
  • Mempermudah Proses Belajar
Internet sebenarnya menyimpan ilmu dan pengetahuan yang sangat luas dari berbagai disiplin ilmu. Oleh sebab itu, dengan situs yang tepat, ilmu tersebut dapat digali untuk mempermudah proses belajar.
  • Memperluas Lingkaran
Tidak ada yang membantah bahwa dengan eksistensi internet dapat menjangkau pengguna internet di belahan dunia yang lain sehingga dapat mempeluas lingkaran pertemanan dari berbagai suku, bangsa, dan budaya.
  • Memperoleh Tambahan Penghasilan
Tidak menutup kemungkinan bagi seorang pelajar untuk memperoleh tambahan penghasilan sekadar di depan laptop saja hanya dengan menggunakan internet secara bijak. Misalnya dengan membuka toko online, melakukan pengiriman barang, dan lainnya. Pada dasarnya, dengan pemanfaatan yang tepat dan bijak, internet justru akan memberikan efek baik untuk kehidupan manusia.
Demikian lah itu 10 Dampak Positif dan Negatif Internet Bagi Pelajar.
Artikel lainnya :

Komentar