5 Penemuan karya anak bangsa Indonesia yang mendunia

Seringkali kita memandang orang Indonesia sebelah mata. Menganggap mereka bermental tempe dan hanya bisa pacaran-pacaran saja. Well, sebaiknya singkirkan pemikiran negatifmu tersebut, sebab putra putri Indonesia juga menyimpan segudang prestasi lho!
Nggak tanggung-tanggung, hasil karya anak Indonesia ini berhasil diakui dunia dan menjadi bahan pembicaraan dimana-mana. Hal ini membuktikan bahwa orang Indonesia tidak bisa diremehkan begitu saja. Mereka telah berulang kali mengharumkan nama Indonesia dan tentunya membuat kita bangga.
Jika selama ini, kamu mengenal nama-nama ilmuwan seperti Einstein atau Thomas Alfa Edison di buku-buku ilmu pengetahuan, bukan tidak mungkin suatu saat nanti nama-nama orang Indonesia juga bakal muncul di buku tersebut.
Lalu siapakah sajakah orang-orang hebat tersebut? Berikut daftarnya :

1. Axioo – David Kartono

Indonesia patut berbangga karena Axioo, salah satu komputer merek lokal berhasil menembus jajaran produk dunia dan menjadi salah satu produk yang mengadopsi prosesor Intel Core generasi kedua.
Axioo - David Kartono
Axioo – David Kartono [source]
Axioo Neon HNM menjadi notebook 14 inci pertama di dunia yang sudah menggunakan teknologi prosesor yang sebelumnya disebut Sandy Bridge itu.




2. Alat Pembasmi Kanker Otak – CTech Laboratory dan Ilmuwan MITI

Sekelompok ilmuwan Indonesia yang tergabung dalam CTech Laboratory, sebuah lembaga riset yang bekerja sama dengan Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI), menemukan sebuah alat pembasmi kanker otak. Warsito P.Taruno, pemimpin tim peneliti CTech Laboratory, mengatakan bahwa temuan ini merupakan sebuah terobosan di dunia kedokteran yang telah berhasil dilakukan ilmuwan Indonesia.
Warsito mengatakan, bahwa penemuan ini merupakan pengembangan alat dari riset mereka sebelumnya di bidang tomografi. “Setelah alat pembasmi kanker payudara, kami berhasil mendesain alat pembasmi kanker otak,” kata Warsito.
Alat canggih pembasmi kanker otak
Alat canggih pembasmi kanker otak [source]
Alat ini menggunakan prinsip yang sama dengan alat pembasmi kanker payudara, yaitu menerapkan metode radiasi listrik statis. Temuan itu telah diuji coba pada seorang pasien penderita kanker otak kecil.  “Alhamdulillah, setelah pemakaian dua bulan pasien dinyatakan sembuh total. Saya baru mendapat salinan hasil CT-Scan otak pasien oleh tim dokter rumah sakit,” kata Warsito. Kesuksesan tim dari CTech didukung oleh perusahaan EdwarTechnology.




3. KRI Krait 827 – Fasharkan TNI AL dengan PT BES Batam

Ini salah satu karya anak negeri yang patut dibanggakan, namanya KRI Krait 827 kapal patroli yang berkelas PC-40 hasil karya Fasharkan TNI AL bersama dengan PT BES Batam. Kapal ini mempunyai ukuran panjang 40 meter dan dirancang untuk kecepatn 20 knot.
Sebagai mesin pendorong  terdapat dua mesin diesel 1250 tenaga kuda. yang menariknya lagi kapal ini dibangun dari bahan alumunium.
KRI Krait 827
KRI Krait 827 [source]
Rancangan pembuatan kapal ini sudah ada sejak tahun 2006 yang lalu, dengan pembuatan desain terlebih dahulu. Kemudian pada tahun 2007 sebagai waktu pembuatan yang selesai tahun 2008. Dan peresmian peluncuran kapal dilakukan pada Desember oleh panglima TNI Djoko Santoso di Dermaga Fasharkan TNI AL pada waktu itu.



4. Tablet PC Wakamini – Zyrex

Zyrex, produsen peralatan komputer lokal Indonesia, menawarkan produk terbaru tablet PC yang diklaim 100% buatan Indonesia yaitu produk komputer tablet Wakamini MP 1291 series Multi Touch dan Wakatobi Mini 963 seharga tiga jutaan saja.
Tidak mau ketinggalan dari Apple yang membuat komputer tablet iPad, produsen komputer lokal Zyrex juga memproduksi komputer sejenis dengan menghadirkan Wakamini MP 1291 series Multi Touch dan Wakatobi Mini 963, di ajang FKI-ICS 2010, Balai Sidang, Jakarta.
Tablet PC Wakamini
Tablet PC Wakamini [source]
Wakamini adalah komputer tablet seratus persen buatan Indonesia dengan harga yang bisa dijangkau siapapun, Rp3.599.000. Dari sisi layarnya, desain komputer tablet lokal ini tergolong unik yang dapat diputar 180 derajat, berukuran 10 inchi dan memiliki empat varian warna; coklat, merah, hitam dan biru. Sistem operasinya menggunakkan Windows 7 Home Premium dan Ultimate, dengan layar sentuh. Wakamini dibekali dengan prosesesor Intel Atom N450 berkecepatan 1,66 Ghz,RAM (Random Access Memory) sebesar 1 GB DDR2, Ruang penyimpanan 250 GB, sedangkan bobotnya 1,35 KG dengan Wifi “4 in 1 card reader dan 1,3 MP Webcam dengan baterai berdaya tahan tiga jam    

5. Sistem Telekomunikasi 4G berbasis OFDM – Prof Dr Khoirul Anwar

Siapa yang menyangka jika teknologi jaringan 4G ternyata ditemukan oleh orang Indonesia, Prof. Dr. Khoirul Anwar dari kabupaten Kediri jawa timur ini merupakan salah seorang ilmuwan yang cukup terkenal di jepang. Ia merupakan lulusan teknik elektro institute Teknologi Bandung pada tahun 2000. Ia melanjutkan pendidikannya di nara institute of sains teknologi jepang.
Professor muda kelahiran 1978 ini berhasil menemukan metode komunikasi yang lebih cepat dengan energy yang lebih sedikit dan peningkatan kecepatan pengiriman data meningkat tajam. penerapan metode ini mampu mengatasi masalah komunikasi di kota besar yang memiliki gedung pencakar langit, maupun di daerah pegunungan. Sebab di daerah seperti ini, gelombang yang ditransmisikan mengalami pantulan dan delay lebih panjang.
Sistem 4G
Sistem 4G [source]
Temuan professor khoirul anwar ini menghasilkan penghargaan best paper untuk kategori saintis pada institute of electrical and elektronik enginer teknologi conference pada bulan mei 2010 di Taiwan. Hasil temuan yang telah ia patenkan pun digunakan perusahaan elektronik besar jepang dan cina. Sebenarnya masih banyak lagi karya-karya bangsa Indonesia yang mendunia baik di bidang teknologi ataupun sains. Semoga kelak kedepannya, makin banyak anak bangsa yang berjuang mengharumkan negara kita tercinta, Indonesia.
 


Komentar